Rabu, 15 Oktober 2008

Tugas 1

A. Mengapa fisiologi selalu di kaitkan dengan anatomi, Kimia dan Fisika... ????

Secara garis besar fisiologi adalah ilmu faal yang mempelajari tentang fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup.Fisiologi dikaitkan dengan anatomi;jelas sekali bahwa makhluk hidup pasti memiliki susunan tubuh tertentu dan memiliki fungsi masing-masing,contoh;kaki digunakan untuk berjalan,mata untuk melihat,dan sebagainya.Dengan kata lain tidak mungkin mempelajari fisiologi tanpa mengetahui susunan anatomi lebih dulu.Fisiologi dikaitkan dengan kimia;ada kaitannya antara ilmu kimia dengan fisiologi yaitu didalam tubuh makhluk hidup juga terdapat unsur kimia yang dapat membantu proses metabolisme tubuh.Fisiologi dikaitkan dengan fisika;mengatur suhu tubuh makhluk hidup tertentu dan mengatur arus metabolisme.

B. contoh Hubungan Fisiologi dengan genetika Dan Fisiologi denagn Ekologi .....

Fisiologi dengan genetika;bila hasil perkawinan dari parental ayah berambut keriting dan ibu berambut lurus maka keturunannya memungkinkan berambut ikal karena variasi dari kedua orangtuanya.Fisiologi dengan ekologi;makhluk hidup dapat bertahan hidup bila mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya atau habitatnya

C. Bagimanakah SEl Hewan Itu ?????


Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan.

Sel hewan tidak memiliki dinding sel. Protoplasmanya hanya dilindungi oleh membran tipis yang tidak kuat. Ada beberapa sel hewan khususnya hewan bersel satu, selnya terlindungi oleh cangkok yang kuat dan keras. Cangkok tersebut umumnya tersusun atas zat kersik dan pelikel, dijumpai misalnya pada Euglena dan Radiolaria.

Secara umum sel hewan tidak memiliki vakuola. Jika ada vakuola, ukurannya sangat kecil. Pada beberapa jenis hewan bersel satu ditemukan adanya vakuola, misalnya pada Amoeba dan Paramaecium. Terdapat dua macam vakuola, yaitu vakuola kontraktil (alat osmoregulasi) dan vakuola non kontraktil (penyimpan makanan). Bagian paling besar pada sel hewan adalah nukleus.

Dalam satu sel hewan terdapat dua sentriol. Kedua sentriol ini terdapat dalam satu tempat yang disebut sentrosom. Saat pembelahan sel, tiap sentriol memisahkan diri menuju kutub yang berlawanan dan memancarkan benang-benang gelendong pembelahan yang akan menjerat kromosom.


Tidak ada komentar: